Subscribe:

Kamis, 16 Februari 2012

Enam Minggu, Kecelakaan Lalu-Lintas Renggut 1.618 Nyawa


Nasional / Selasa, 14 Februari 2012 18:26 WIB


Metrotvnews.com, Jakarta: Korps Lalu Lintas Mabes Polri mencatat lebih ada 10.169 kasus kecelakaan lalu-lintas di berbagai wilayah di Indonesia, sepanjang 2012. Korban meninggal akibat berbagai kecelakaan itu mencapai 1.618 orang.

Wakil Kepala Korps Lalu-Lintas Mabes Polri Brigadir Jenderal Didik Purnomo mengatakan, sebagian kecelakaan masuk dalam kategori menonjol versi kepolisian. Kategori menonjol bisa dilihat dari empat unsur, salah satunya jumlah korban tewas.


"Kriteria paling banyak terjadi pada 2012 utamanya adalah dengan korban massal. Kasus yang masih dalam ingatan kita, pertama Tugu Tani (Jakarta) menelan korban 9 orang meninggal, kemudian Sumedang (Jawa Barat) dengan korban 12 orang meninggal, dan terakhir kasus di Ciasarua (Jawa Barat) korban meninggal dunia 14 orang," kata Didik.

Didik mengatakan, berdasarkan kajian yang dilakukan polisi di di Tempat Kejadian Perkara (TKP), ada sejumlah aspek yang memengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Di antaranya, kendaraan tidak laik jalan, namun dipaksakan, dan aspek kelalaian serta keadaan pengemudi saat menyetir.

"Kalau lalai nyata-nyata tidak disengaja, tapi kalau cara atau keadaan yang patut diduga membahayakan keselamatan orang lain, misalnya mengebut, menjalankan kendaraan zig-zag, cara-cara mengemudi tidak lazim, dalam keadaan tidak konsentrasi, terpengaruh minuman, terpengaruh obat keras," ungkapnya.

Diungkapkan Didik, kecelakaan paling banyak terjadi karena pengemudi tidak tertib berlalu-lintas dan lengah. Sementara angka paling tinggi kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor, yakni 9.785 unit. Polisi terus mengupayakan untuk menekan angka kecelakaan tersebut.

"Kita berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan utamanya, dan Kementerian Pekerjaan Umum. Yang pertama, kita dalam kerangka rencana umum nasional keselamatan lantas angkutan jalan, telah menyusun konsep untuk mengupayakan berbagai kegiatan dalam rangka menimbulkan kesadaran akan pentingnya keselamatan lantas angkutan jalan," kata Didik.(IKA)

0 komentar:

Posting Komentar