Subscribe:

Minggu, 19 Februari 2012

Bagaimana Keberpihakan Kita Pada Angkutan Umum ?

Sering kita mengabaikan angkutan umum. Bahkan keberpihakan pemerintah dan masyarakat pada angkutan umum sering hanya retorika, bahkan tidak jarang dipandang sebelah mata. Banyak kota cenderung mengutamakan pembangunan prasarana transportasi yang cenderung berpihak pada 'ORANG KAYA' contohnya pembangunan jalan tol, pelebaran jalan di pusat - pusat kota, 'perampasan' trotoar untuk pelebaran jalan, fasilitas parkir 'on street' dan sebagainya.
Sedangkan angkutan umum ?? entah pada prioritas keberapa ...

Padahal, sistem angkutan umum yang baik, akan mengurangi penggunaan ruang jalan secara sefisien yang pada akhirnya mengurangi kemacetan, mengurangi kebutuhan pembangunan prasarana jalan secara berlebihan dan juga mengurangi dampak polusi.

Gambar dibawah ini secara jelas menunjukkan, bahwa untuk memindahkan 60 orang dengan moda yang berbeda, terlihat bahwa penggunaan angkutan umum, dalam hal ini bus sangat efisien mengurangi masalah lalulintas.

Sekarang yang dibutuhkan adalah keberpihakan kita pada angkutan umum, untuk menjadikan kehidupan hari ini dan masa depan yang lebih baik... semoga,


Salam,
Transporters

1 komentar:

Yuni mengatakan...

pemerintah blm kepikiran...

Posting Komentar